Sekitar Idul Adha

kambingMungkin agak telat, tapi sebagai ilmu tak ada kata terlambat.

…Ibnu Al Musayyab mengabarkan aku, bahwa Ummu salamah (isteri Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam) telah mengabarkan kepadanya bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa yang ingin berqurban maka janganlah ia memotong sebagian dari kukunya dan mencukur sebagian dari rambutnya pada sepuluh pertama bulan Dzulhijjah.”( Rowahu an-Nasa’i)

…Sa’id bin Musayyab menceritakan dari Ummu Salamah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika telah tiba sepuluh (dzulhijjah) dan salah seorang dari kalian hendak berqurban, maka
janganlah mencukur rambut atau memotong kuku sedikitpun.”
(Rowahu Muslim)

Puasa hari Arafah menebus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang dan puasa Asyura (10 Muharram) menebus dosa setahun yang telah lewat. (HR Ahmad, Muslim dan Abu Daud dari Abi Qotadah)

Menurut kalender jatuh pada hari Senin tgl 14 Oktober 2013. Silahkan berpuasa.

Tidak ada satu amalan yang dikerjakan anak Adam pada hari nahar (hari penyembelihan) yang lebih dicintai oleh Alah ‘Azza wa Jalla daripada mengalirkan darah. Sungguh dia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, kuku dan rambutnya. Sesunggunya darahnya akan sampai kepada Allah ‘Azza wa Jalla sebelum jatuh ke tanah… ” (HR. Ibnu Majah dan al-Tirmidzi, beliau menghassankannya)

Dan sabda beliau ketika di tanya apakah sembelihan ini, maka beliau menjawab, “Tuntunan ayah kalian Ibrahim.” Mereka bertanya, “Apa bagian kita darinya/apa pahala yang akan kita dapatkan?” Beliau menjawab, “Setiap helai rambut, akan dibalasi dengan satu kebaikan.” Lantas mereka bertanya, “Bagaimana dengan bulu (domba)?” Maka beliau menjawab, “Setiap bulu juga akan dibalas dengan satu kebaikan.” (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi, beliau menghasankannya)

Dari Abu Hurairata ra, ia berkata , Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda; “Barangsiapa sudah memiliki keluasan harta dan tidak berqurban, maka jangan sekali-kali mendekat ke tempat sholat kami.” (HR.Ibnu Majah, Bab al-Adhahy wajibatun am laa).

Ayo berkurban…..

Be Sociable, Share!
Share this:

Leave a comment